dc.description.abstract | Perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini sudah semakin meningkat,
komputer bukan hanya digunakan sebagai jaringan komunikasi, akan tetapi bisa
juga dimanfaatkan di berbagai bidang, diantaranya untuk keperluan pendidikan,
hiburan, dan sebagainya. Sedangkan untuk matematika merupakan salah satu mata
pelajaran yang di ajarkan mulai dari tingkat dasar, berbagai macam cara manual
digunakan sebagai metode pengajaran, tetapi dalam waktu yang cukup lama
menjadi membosankan bagi anak-anak karena sistem pembelajaran yang kurang
menarik dan interaktif.
Suatu upaya untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran matematika ini
adalah dengan cara menyediakan aplikasi atau pemrograman untuk bisa
diterapkan sebagai alat bantu untuk mempermudah dalam proses pembelajaran.
Dengan adanya game edukasi pembelajaran matematika ini diharapkan anak-anak
dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan menghilangkan rasa bosan dan
takut untuk belajar matematika serta terpacu untuk meningkatkan kualitas belajar.
Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap pengumpulan data dengan
cara melakukan survei, studi pustaka, kemudian tahap analisis sistem, tahap
perancangan, tahap implementasi, dan tahap pengujian dengan menggunakan
teknik Blackbox.
Setelah diuji dengan menggunakan teknik Blackbox, game edukasi
pembelajaran matematika untuk siswa layak untuk digunakan sebagai proses
pembelajaran | en_US |