APLIKASI SMS GATEWAY UNTUK PELAYANAN PADA PT. POS INDONESIA CABANG BELINYU
Abstract
Perkembangan Teknologi saat ini telah mempengaruhi berbagai bidang
salah satunya pada PT.Pos Indonesia Cab.Belinyu dengan banyaknya masyarkat
yang ingin menikmati layanan kantor pos. Namun sayangnya pada pelayanan
pengecekan barang masih terdapat kendala dikarenakan tidak menggunakan
teknologi pada bagian loket pelayanan pengecekan barang, masyarakat masih
harus menggunakan media alat tulis dan kertas sehingga masih terdapat kendalakendala seperi adanya antrian yang panjang pada loket pelayanan pengecekan
barang. Penelitian ini menggunakan teknologi SMS Gateway untuk
mempermudah proses pengecekan barang dengan media pulsa sehingga user
dapat melayani masyarakat secara online melalui SMS. Pengguna SMS Gateway
untuk pengecekan barang dapat membantu dalam proses bisnis pada Pelayanan
PT.Pos Indonesia Cab.Belinyu yang membutuhkan media teknologi lebih cepat
dan akurat
Observasi dan wawancara digunakan sebagai metode untuk mengumpulkan data
yang akan dijadikan sebagai daftar kebutuhan, dari daftar kebutuhan tersebut
dianalisa untuk mengahasilakan proses bisnis yang sesuai kemudian dilakukan
perancangan terhadap aplikasi pengecekan yang nantinya kan di implemntasikan.
Hasil dari penelitian yaitu sebuah system Pengecekan Barang pada PT.Pos
Indonesia Cab.Belinyu yang terintegrasi dimana Pengecekan Barang dari
masyarakat akan di input di server oleh Admin kemudian Admin memberikan
balasan kepada masyarkat mengenai informasi keberdaan barang, baru
masyarakat dapat mengetahui keberadaan barangnya sudah sampai di kantor pos
atau belum.