• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • 03 TEKNIK INFORMATIKA
    • Kecerdasan Buatan
    • View Item
    •   DSpace Home
    • 03 TEKNIK INFORMATIKA
    • Kecerdasan Buatan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX DAN ALPHA-BETA PRUNING PADA PERMAINAN CONNECT FOUR BERBASIS ANDROID

    Thumbnail
    View/Open
    HALAMAN DEPAN.pdf (737.5Kb)
    BAB I.pdf (344.5Kb)
    BAB II.pdf (649.3Kb)
    BAB III.pdf (323.6Kb)
    BAB IV.pdf (1.679Mb)
    BAB V.pdf (233.8Kb)
    DAFTAR PUSTAKA.pdf (346.4Kb)
    LAMPIRAN.pdf (923.8Kb)
    Date
    2019
    Author
    GUNAWAN, LEONARDO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dewasa ini, teknologi telah berkembang sangat pesat, salah satunya pada permainan yang tidak lagi dimainkan secara tradisional. Connect Four adalah sebuah permainan strategi yang dimainkan oleh dua orang pemain dengan menggunakan papan berlubang. Pada permainan Connect Four, pemain akan berlomba untuk menghubungkan empat buah piringan dengan warna yang sama baik secara vertikal, horizontal, maupun diagonal. Pada penelitian ini, algoritma Minimax dan Alpha-Beta Pruning diterapkan pada Artificial Intelligence (AI) untuk menjadi lawan tanding pemain dalam permainan Connect Four. Minimax digunakan untuk mengkalkulasikan langkah terbaik bagi AI, sedangkan Alpha-Beta Pruning digunakan untuk memangkas kemungkinan node yang tidak mengandung langkah terbaik pada pohon permainan. Penelitian ini menggunakan model Waterfall, metode pemrograman berbasis objek, dan alat bantu UML dalam pemodelan sistem. Berdasarkan hasil pengujian fungsionalitas aplikasi yang dilakukan 5 orang responden, tingkat keberhasilan aplikasi sebesar 100% dan berjalan dengan baik pada perangkat milik responden. Hasil akhir permainan menunjukkan bahwa pemain rata-rata memiliki tingkat kemenangan 100% pada tingkat kesulitan mudah, 80% pada tingkat kesulitan normal, dan 20% pada tingkat kesulitan sulit.
    URI
    http://repository.atmaluhur.ac.id//handle/123456789/2982
    Collections
    • Kecerdasan Buatan [21]

    ISB ATMALUHUR PANGKALPINANG copyright © 2018-2020  Atma Luhur
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    ISB ATMALUHUR PANGKALPINANG copyright © 2018-2020  Atma Luhur
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV