Browsing Kecerdasan Buatan by Title
Now showing items 1-20 of 21
-
APLIKASI GAME 2D PLATFORMER “BACKY JOURNEY” DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE BERBASIS ANDROID
(ISB ATMA LUHUR, 2020)Game adalah salah satu media hiburan yang banyak diminati oleh berbagai macam kalangan mulai dari anak kecil sampai dengan orang dewasa banyak yang gemar bermain game. Game Backy Journey adalah game genre platformer yang ... -
APLIKASI GAME LEARNING BASIC MENGGUNAKAN METODE GAME TEACHING UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID
(ISB ATMA LUHUR, 2020)Semakin meningkatnya penggunaan smartphone mengakibatkan kebutuhan akan aplikasi mobile semakin diminati. Salah satunya dalam bidang pendidikan anak usia dini. Hal ini mendorong peneliti untuk membangun sebuah aplikasi ... -
APLIKASI PENCATATAN KEHADIRAN KARYAWAN DAHSYAT CELL GROSIR MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHERFACES
(STMIK ATMA LUHUR, 2018)Dahsyat Cell Grosir merupakan agen penjualan grosir perlengkapan handphone. Kehadiran karyawan merupakan salah satu aspek yang wajib ditingkatkan karena menjadi faktor penentu kemajuan dalam usaha. Kehadiran karyawan dapat ... -
APLIKASI PENCITRAAN WAJAH MENGGUNAKAN ALGORITMA EIGENFACE SEBAGAI SARANA PRESENSI KARYAWAN NON BANKING STAFF PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA. TBK CABANG PANGKALPINANG
(STMIK ATMA LUHUR, 2013-12)Dengan berkembang pesatnya teknologi membuat banyak cara yang digunakan sebagai cara atau sarana presensi baik di institusi pemerintah, swasta, dan banyak institusi lainnya. Bermacam cara mulai dari penggunaan kertas, ... -
APLIKASI PRAKIRAAN CUACA MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN
(STMIK ATMA LUHUR, 2013-12) -
APLIKASI PRESENSI PEGAWAI KANTOR BIRO HUKUM PROVINSI BANGKA BELITUNG MENGGUNAKAN ALGORITMA VIOLA JONES DAN EIGENFACES
(STMIK ATMA LUHUR, 2018)Pengenalan wajah adalah salah satu teknologi biometrik yang telah banyak diaplikasikan dalam sistem presensi selain pengenalan retina mata, pengenalan sidik jari, dan iris mata. Penelitian ini menggunakan algoritma Viola ... -
IMPLEMENTASI ALGORITMA A-STAR PADA GAME “PEOPLE’S ENEMIES” BERBASIS ANDROID
(ISB ATMA LUHUR, 2020)Kemajuan teknologi saat ini membuat aktivitas sehari-hari bergantung pada teknologi, terutama smartphone yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Game menjadi salah satu dari perkembangan teknologi yang saat ini ... -
IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLISION DETECTION PADA GAME SAVE THE RED BIRD BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY 3D
(ISB ATMA LUHUR, 2020)Saat ini banyak sekali game engine yang dapat digunakan untuk merancang dan membuat game salah satunya adalah game engine Unity 3D. Untuk perancangan atau pembuatan game tidak hanya personal bahkan beberapa developer pun ... -
IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLISION DETECTION PADA GAME TPS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY 3D
(STMIK ATMA LUHUR, 2019)Game TPS (Third Person Shooter) adalah genre game shooter, dimana karakter yang dikendalikan pemain terlihat di layar dan gameplay utamanya terdiri dari pengambilan gambar karakter, dan game ini dirancang agar bisa berjalan ... -
IMPLEMENTASI ALGORITMA NEGAMAX DAN ALPHA BETA PRUNING PADA PERMAINAN OTHELLO
(STMIK ATMA LUHUR, 2018)Abstrak Permainan digunakan tidak hanya untuk hiburan semata, tetapi juga untuk melatih pemain dalam menentukan strategi terbaik agar menang. Othello adalah salah satu permainan tradisional yang dapat melatih kecerdasan ... -
IMPLEMENTASI POLA PENGENALAN EMOSI BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA MICROSOFT COGNITIVE SERVICE
(STMIK ATMA LUHUR, 2018)Ekspresi wajah adalah sebuah komponen penting yang sering diliupakan saat melakukan interaksi dengan orang lain, pasalnya dengan melihat ekspresi wajah kita dapat mengetahui emosi seseorang baik itu marah, senang, sedih, ... -
MODEL PENGENALAN TEKS LEMBARAN BERITA ACARA SERAH TERIMA INVENTARIS PADA SEKRETARIAT DPRD PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
(STMIK ATMA LUHUR, 2019)AI merupakan bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin dapat melakukan pekerjaan seperti manusia. Salah satu kemampuan kecerdasan buatan adalah pengenalan objek (object recognition). Pengenalan objek merupakan salah ... -
PENERAPAN ALGORITMA A* PADA PERMAINAN PENGEJAR CINTA BERBASIS ANDROID
(STMIK ATMA LUHUR, 2018)Suatu permainan akan terasa membosankan apabila memiliki NPC (Non Playable Character) yang kurang tanggap dalam melakukan tugasnya pada permainan. Menyikapi hal tersebut, diperlukan NPC yang cerdas dan bisa bermain layaknya ... -
PENERAPAN ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN SUDOKU BERBASIS ANDROID
(STMIK ATMA LUHUR, 2019)Permainan biasanya digunakan untuk mengisi waktu dan kadang-kadang digunakan sebagai sarana pendidikan. Banyak macam permainan yang di dalamnya diimplementasikan AI, sehingga permainan menjadi lebih menarik. Sudoku merupakan ... -
PENERAPAN ALGORITMA BOYRE MOORE DALAM PENCARIAN DAN PENYESUAIAN KOSAKATA BAHASA DAERAH BANGKA
(ISB ATMA LUHUR, 2020)Kamus merupakan alat bantu yang berbentuk buku yang berisi kosakata-kosakata atau makan yang digunakan untuk menerjemahkan suatu bahasa. pada umumnya kamus disusun menurut abjad tentang maknanya, pemakainya, atau terjemahan. ... -
PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX DAN ALPHA-BETA PRUNING PADA PERMAINAN CONNECT FOUR BERBASIS ANDROID
(STMIK ATMA LUHUR, 2019)Dewasa ini, teknologi telah berkembang sangat pesat, salah satunya pada permainan yang tidak lagi dimainkan secara tradisional. Connect Four adalah sebuah permainan strategi yang dimainkan oleh dua orang pemain dengan ... -
PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA DI INSTITUT SAINS DAN BISNIS ATMA LUHUR
(ISB ATMA LUHUR, 2020)Setiap perguruan tinggi baik swasta maupun negeri sangat membutuhkan sistem komputerisasi yang relevan, akurat, cepat, dan efisien. Tingginya tingkat persaingan didunia pendidikan membuat setiap mahasiswa maupun perguruan ... -
PENERAPAN METODE FAST FOURIER TRANSFORM UNTUK PENGENALAN SUARA PADA WINDOWS
(STMIK ATMA LUHUR, 2018)Dalam mengeksekusi sebuah program, biasanya pengguna terlebih dahulu mencari path (lokasi) program tersebut berada. Pencarian tersebut akan menghabiskan waktu, apabila program yang ingin dieksekusi tidak tersedia dalam ... -
PENERAPAN METODE LOCAL BINARY PATTERN HISTOGRAM (LBPH) UNTUK IDENTIFIKASI AWAL WAJAH PELAKU KRIMINAL
(STMIK ATMA LUHUR, 2018)Kriminal merupakan sebuah tindakan yang bersifat negatif, di mana setiap pelakunya akan dijerat dengan berbagai macam pasal yang telah diatur penerapannya di dalam undang-undang yang berlaku. Oleh karena sanksi yang didapat ... -
PENGENALAN PEMILIK TANDA TANGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA EIGENFACES
(STMIK ATMA LUHUR, 2018)Tanda tangan merupakan salah suatu keunikan yang dimiliki oleh setiap orang, sehingga seringkali dipakai dalam menentukan keabsahan dari suatu dokumen atau transaksi. Sistem yang dibuat bertujuan untuk melakukan pengenalan ...