RANCANGAN APLIKASI PERPUSTAKAAN SD PEMBINAAN PANGKALPINANG BERBASIS ANDROID
Abstract
Dalam kasus siswa sekolah dasar (SD) motivasi dalam
memanfaatkan perpustakaan seringkali timbul karena pengaruh atau kendali
lingkungan sekitar seperti pustakawan, guru, orang tua, teman,kondisi gedung dan
koleksi perpustakaan, maupun faktor lainnya. Penguat-penguat seperti reward,
pujian, sikap yang ramah, dukungan,maupun pemberian tugas seringkali menjadi
stimulus yang melatarbelakangi mereka dalam datang memanfaatkan
perpustakaan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana memotivasi siswa SD dalam
memanfaatkan perpustakaan sekolah yang dilator belakangi oleh penguatan dari
agen-agen pengendali tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah melalui metode survey dan wawancara kecil dengan para petugas
perpustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa
penguat positif dengan angka signifikan dalam memanfaatkan pe rpustakaan
sekolah datang dari ajakan teman, kedua dari guru, dari orang tua, dari fasilitas
perpustakaan dan terakhir adalah dari pustakawan.