DESIGN OF AUGMENTED REALITY APPS FOR THE INTRODUCTION OF FRUITS AND ANIMALS BASED ON ANDROID IN TK KASIH BAPTIST
Date
2019Author
SARI, MEGA
HABIBUR, SYACHRIZA HILMAIDA
SAGALA, RENALDY ELIUDSER
Metadata
Show full item recordAbstract
Augmented Reality adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi
dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime.
Augmented Reality yang di rancang dapat menampilkan objek 3D dari gambargambar yang telah di jadikan marker. Augmented Reality dapat dimanfaatkan
dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai sarana pendidikan untuk anak
– anak. Augmented Reality dapat digunakan untuk menciptakan lingkungan
belajar yang lebih interaktif dimana anak dapat berinteraksi langsung dengan
objek Cyber sehingga anak dapat bermain sambil belajar. Aplikasi pengenalan
Hewan dan Buah-buahan, berbasis Augmented Reality dapat membaca marker
pada gambar yang akan menampilkan model 3 dimensi di layar perangkat
Android. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK dan Unity 3D sebagai alat
untuk mengembangkan Augmented Reality berbasis Android. Aplikasi ini
menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil
penelitian dari aplikasi Augmented Reality ini diharapkan dapat membantu dalam
proses pembelajaran, merangsang imajinasi dan kemauan anak untuk
mempelajarinya meningkat.