APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK (DINKOMINFOTIK) SUNGAILIAT BERBASIS ANDROID
Abstract
Untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Sungailiat membutuhkan sebuah aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam membuat laporan pengaduan tentang pelayanan yang berhubungan dengan urusan informasi dan komunikasi publik. Gagasan tersebut dibuat agar Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Sungailiat dapat segera memperbaiki dan menindaklanjuti terkait dengan pengaduan yang dilaporkan. Dengan adanya aplikasi pengaduan masyarakat ini keluhan yang disampaikan masyarakat mengenai pelayanan Dinkominfotik di bidang komunikasi dan informasi akan segera ditindaklanjuti melalui aplikasi Android yang telah terpasang di smartphone android. Dalam pengembangan aplikasi ini penulis menggunakan model prototype, metode Object Oriented Programming (OOP) dan menggunakan tools Unified Modelling Language (UML). Hasil yang dicapai adalah aplikasi pengaduan masyarakat pada Dinkominfotik Sungailiat berbasis Android dibuat untuk menyampaikan keluhan dan pengaduan dari masyarakat secara langsung kepada Dinkominfotik Sungailiat mengenai pelayanan di bidang komunikasi publik sehingga masyarakat tidak perlu datang langsung ke Dinkominfotik melainkan dengan menggunakan aplikasi pengaduan masyarakat ini di smartphone Android.
Collections
- Android [538]