ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA CINDY THE OLSHOP MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) BERBASIS WEB
Date
2020Author
MANURUNG, SUSI SUSANTI MARIANA
MEILIN, HEHE
NURKHALIQ, IMAM
Metadata
Show full item recordAbstract
Cindy The Olshop merupakan bidang usaha yang bergerak dibidang
penjualan pakaian wanita dan pria. Sistem penjualan yang digunakan masih
konvensional, yaitu pembeli harus datang langsung ke Cindy The Olshop untuk
melihat produk yang ditawarkan. Dengan adanya system tersebut akan menyita
banyak waktu konsumen sehingga kesulitan memperoleh informasi mengenai
spesifikasi produk yang ditawarkan. E-commerce atau dalam Bahasa Indonesia
yaitu perdagangan elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system
pengumpulan data otomatis. Pada saat ini, Cindy The Olshop belum menggunakan
fasilitas e-commerce tersebut sehingga kesulitan dalam menawarkan produk
kepada konsumen yang berada di luar kota. Selain itu, juga bisa mengakibatkan
dampak yang berpengaruh kepada proses penjualan produk yaitu ketidaktahuan
konsumen yang berada di luar kota akan keberadaan Cindy The Olshop. Proses
penjualan di Cindy The Olshop akan hanya dilakukan apabila terdapat konsumen
yang datang ke toko tersebut, sedangkan banyak konsumen yang diluar kota tidak
bisa datang atau tidak tahu keberadaan Cindy The Olshop. Untuk membangun
system e-commerce ini, alat yang digunakan untuk menggambarkan model system
adalah berupa diagram usecase (Usecase Diagram), model objek (Model Object),
dan diagram aktivitas (Actvity Diagram), serta dalam perancangan basis data
menggunakan kamus data, dan Entity Relationship Diagram (ERD).