PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAGI ANAK SEKOLAH MINGGU
Abstract
Kegiatan belajar mengajar di sekolah minggu tidak jauh berbeda dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah pada umumnya, yang membedakannya hanyalah cara penyampaian materi. Di sekolah minggu materi disampaikan melalui cerita atau lisan yang disampaikan oleh guru. Namun kerap kali guru merasa kesulitan untuk memberikan visualisasi mengenai objek atau benda yang disebutkan sehingga anak-anak sekolah minggu sulit untuk memahami maksud dari guru. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan aplikasi yang dapat membantu guru sekolah minggu dalam memberikan visualisasi mengenai objek yang diinginkan sehingga dapat membuat kegiatan belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Aplikasi augmented reality berbasis android ini dirancang menggunakan metode pemrograman berbasis objek dan dibangun dengan model pengembangan prototype. Aplikasi ini dapat membantu guru sekolah minggu karena dapat menampilkan objek tiga dimensi sehingga anak-anak dapat melihat secara langsung objek tersebut.