IMPLEMENTASI WEB E-COMMERCE SEBAGAI PENUNJANG PENJUALAN DAN PEMESANAN BARANG PADA TOKO LOSA PANGKALPINANG
Abstract
Toko Losa merupakan bidang usaha yang bergerak dibidang penjualan sembako. Sistem penjualan yang digunakan masih konvensional, yaitu pembeli harus datang langsung ke Toko Losa untuk melihat barang yang akan dibeli. Dengan adanya system tersebut akan menyita banyak waktu pembeli, sehingga kesulitan memperoleh informasi mengenai spesifikasi barang yang akan dibeli. E-commerce atau dalam Bahasa Indonesia yaitu perdagangan elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data otomatis. Pada saat ini, Toko Losa belum menggunakan fasilitas e-commerce tersebut sehingga kesulitan dalam menawarkan barang kepada pembeli yang berada di dalam kota. Selain itu, juga bisa mengakibatkan dampak yang berpengaruh kepada proses penjualan barang yaitu ketidaktahuan pembeli yang berada di luar kota akan keberadaan Toko Losa. Proses penjualan di Toko Losa akan hanya dilakukan apabila terdapat pembeli yang datang ke toko tersebut, sedangkan banyak pembeli yang diluar kota tidak bisa datang atau tidak tahu keberadaan Toko Losa. Untuk membangun system e-commerce ini, alat yang digunakan untuk menggambarkan model system adalah berupa diagram usecase (Usecase Diagram), model objek (Model Object), dan diagram aktivitas (Actvity Diagram), serta dalam perancangan basis data menggunakan kamus data, dan Entity Relationship Diagram (ERD).
Collections
- E-Commerce [246]