APLIKASI AR BANGUN RUANG UNTUK PEMBELAJARAN SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID
Abstract
Salah satu manfaat yang bisa diambil dari keberadaan teknologi ini adalah dengan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran yang efektif, kreatif dan edukatif. Sehingga media aplikasi edukatif dapat terus dikembangkan yang mana salah satunya adalah teknologi Augmented Reality. Penelitian ini betujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality. Proses pembelajarannya yang ada sekarang masih menggunankan metode manual (proses yang digunakan seperti membaca buku, mencatat materi-materi dan mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru). Penelitian yang dilakukan menggunakan metode prototype. Aplikasi AR ini dapat digunakan pada sistem operasi android. Aplikasi ini dibuat menggunakan software unity. Penelitian ini menggunakan rancangan blackbox testing, dan aplikasi ini menggunakan sebuah marker untuk menampilkan objek 3D. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran bangun ruang yang diimplementasikan kedalam bentuk augmented reality dengan sistem aplikasi Android dan bermanfaat untuk siswa dalam media pembelajaran mengenai bangun ruang menjadi menarik sekaligus meningkatkan minat belajar siswa mengenai bangun ruang.