APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF, ANGKA, HEWAN, DAN BUAH PADA SISWA KELAS 1 SD SWADAYA PANGKALPINANG BERBASIS ANDROID
Abstract
Berkembangnya ilmu informasi dan teknologi yang sangat cepat, teknologi elektronikpun ikut berkembang dengan pesatnya. Secara tidak langsung gaya hidup manusia ikut terpengaruh dengan adanya berbagai macam peralatan elektronik yang canggih. Dengan berkembangnya teknologi dan peralatan-peralatan elektronik yang berbasis komputer sudah banyak dimiliki masyarakat seperti smartphone dan tablet. Peralatan-peralatan tersebut dapat membantu memudahkan kegiatan sehari-hari, contohnya pembelajaran siswa dengan aplikasi berbasis android. Masalah pada anak-anak usia dini yakni terbatasnya pengetahuan dasar, mereka membutuhkan pemahaman mengenai huruf, angka, jenis hewan, dan nama-nama buah. Pola belajar anak yang senang bermain sangat mempengaruhi konsentrasi anak dalam belajar. Mereka mudah bosan dengan materi teoritis yang disampaikan secara lisan oleh guru maupun orang tua, anak lebih cepat memahami materi berupa gambar. Oleh karena itu, anak-anak usia dini membutuhkan aplikasi edukasi yang dapat membantu dalam proses belajar mereka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu solusi yaitu dengan menggunakan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf, Angka, Hewan, Dan Buah Pada Siswa Kelas 1 SD Swadaya Pangkalpinang Berbasis Android. Meru-pakan sebuah aplikasi belajar yang dikhususkan untuk mengenalkan materi dasar. Penelitian ini menggunakan model waterfall dengan menggunakan beberapa tahap yaitu perencanaan, analisis, perancangan, dan implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi pembelajaran berbasis android yang dapat membantu para siswa dalam pelajaran.
Collections
- Android [538]