PENERAPAN E-COMMERCE SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN OMSET PADA SINGGALANG OUTDOOR
Abstract
Singgalang Outdoor sadalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang Bisnis
yang menjual berbagai peralatan outdoor. Proses bisnis pada bagian penjualan barang
Toko Singgalang Outdoor tersebut masih bersifat konvensional dimana pelanggan
harus mendatangi toko untuk membeli barang yang diinginkan, hal tersebut berkaitan
dengan persoalan ruang lingkup dan waktu yang terbatas, proses transaksi kurang
efektif. sehingga pelanggan tidak bertambah. Dari permasalahan tersebut maka
dibuatkan sebuah website E-Commerce. Adapun langkah pengumpulan data yang
dilakukan yaitu wawancara, tinjuauan penelitian terdahulu, dan observasi. Serta untuk
analisis desain sistem menggunakan diagram yang ada dalam UML yaitu activity
diagram, use case diagram, dan sequence diagram. Pada penelitian ini juga di rancang
dan di kembangkan toko online menggunakan metode FAST (Framework for the
Application of System). Fokus Penelitian ini adalah penyampaian informasi produk
kepada konsumen secara online. Manfaat yang didapat dari penerapan sistem E-
Commerce ini adalah konsumen tidak perlu bertatap muka langsung dengan penjual
sehingga proses transaksi akan lebih efisien, dan keuntungan berupa ruang lingkup
yang lebih luas dan waktu yang banyak sehingga dapat menjawab persoalan penjualan
secara langsung.