RANCANGAN SISTEM PENJUALAN KOPI PADA WARUNG PERSPEKTIF KOPI MOTOAN BERBASIS WEB
Abstract
Di zaman sekarang ini teknologi selalu mengikuti perkembangan.
Perkembangan teknologi membawa dampak besar terhadap berbagai sektor,
termasuk Kesehatan, Transportasi, dan Industri. Perkembangan teknologi pada
system informasi juga sudah mulai diterapkan pada bisnis, Salah satunya Warkop
Perspektif Kopi Motoran yang merupakan usaha berjenis FnB yang menyajikan
kopi. Karena meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia maka peluang untuk
persaingan usaha bisnis warung kopi akan semakin besar. Dengan demikian, bisnis
warung kopi di Indonesia akan penuh dengan persaingan untuk menarik perhatian
pelanggan. Berdasarkan penjelasan di atas maka dirancang lah sebuah website
penjualan online sebagai sebuah sarana penjualan untuk warung Perspektif Kopi
Motoran. Pengembangan website tersebut menggunakan metode Waterfall.
Metode waterfall adalah pengerjaan dari suatu sistem yang dilakukan
secara berurutan atau secara linear. Secara garis besar metode waterfall
mempunyai langkah-langkah sebagai berikut: Analisa, Desain, Penulisan,
Pengujian dan Penerapan serta Pemeliharaan. Berdasarkan penelitian yang
dilakukan di Warkop Perspektif Kopi Motoran, dapat disimpulkan : (1) Dapat
mempermudah transaksi karena praktis dan efisien. (2) Semua informasi dapat
diakses dengan cepat di berbagai kalangan dengan jangkauan yang luas. (3)
Diharapkan dapat sedikit mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh costumer
maupun pemilik. (4) Memberi kemudahan bagi pemilik untuk mengolah data dan
pembuatan laporan mingguan maupun bulanan.