PENERAPAN STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN LAYANAN POSAJA DI PT. POS INDONESIA CABANG PANGKALPINANG 33100
Abstract
Jasa pengiriman setiap perusahaan memiliki keunggalan, terutama dalam
teknologi informasi yang ada, menjadikan perusahaan jasa pengiriman dapat lebih
baik. Untuk menunjukkan eksistensinya, PT Pos Indonesia mengembangkan
layanan aplikasi PosAja, sebuah platform digital berbasis aplikasi yang dapat
digunakan oleh para pebisnis online maupun seluruh masyarakat untuk melakukan
order pengiriman surat atau paket. Namun, masih banyak masyarakat yang belum
mengetahui aplikasi jasa pengiriman PosAja yang dimiliki PT Pos Indonesia.
Banyak orang lebih memilih perusahaan pengiriman swasta karena citra PT Pos
Indonesia yang sudah tua, yang membuat banyak orang mengira PT Pos Indonesia
hanya diminati oleh orang tua. Atas dasar inilah maka penting dilakukan dan
diperlukan penerapan strategi promosi yang berjalan pada layanan jasa pengiriman
PosAja khususnya di PT. Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang diperbaharui agar
nantinya dapat diketahui dan diidentifikasi peluang peningkatan proses penerapan
strategi promosi yang lebih baik. Tujuan penelitiannya yaitu meningkatkan konsep
pembaharuan strategi marketing promosi dalam meningkatkan pelayanan. Metode
yang dipilih adalah metode AIDA yang bertujuan untuk menganalisa gambaran
tentang bagaimana penerapan strategi promosi pada aplikasi jasa pengiriman
PosAja yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang. Dengan
memanfaatkan media sosial dalam proses promosi dapat meningkatkan jangkauan
konsumen lebih luas lagi. Salah satu contohnya adalah kolaborasi antara PT. Pos
Indonesia dan iklan media sosial seperti Instagram Ads atau Facebook Ads.
Membuat konten secara teratur dapat meningkatkan insight Instagram (memastikan
konten kita unik dan menarik). Informasinya mencakup petunjuk penggunaan,
layanan, dan promosi Aplikasi PosAja. Konsumen dapat langsung menerima
instruksi pengiriman melalui Aplikasi PosAja, yang memungkinkan mereka
melakukan pengiriman secara online dengan memilih petugas pick up sendiri dan
memeriksa tarif pengiriman sebelum dikirim. Dengan menggunakan Aplikasi
PosAja, konsumen juga dapat memperoleh poin dan voucher sebagai bentuk
promosi untuk pengiriman paket barang mereka.
Collections
- Laporan Magang BD [35]