ANALISIS PENGARUH VIDEO KONTEN MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM PENYEWAAN BUS PADA NEW BINTANG TRANS DI SUNGAILIAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh video
konten melalui Instagram New Bintang Trans terhadap minat konsumen
dalam penyewaan bus. Penelitian ini memanfaatkan metodologi kuantitatif
dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan asosiatif kausal serta
analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, survei, wawancara. Kuesioner dibagikan kepada 107
responden yang menonton video konten instagram @new_bintang_trans.id,
tanggapannya diolah dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian mengungkap interaktif ketertarikan video konten
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen dalam
penyewaan bus sedangkan informatif dan kualitas video konten tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen. Kemudian ketiga
variabel tersebut secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat
konsumen. Hal ini berdasarkan pengujian Fhitung 8,428 > Ftabel yang
sebesar 2,69 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Diketahui nilai Adjusted R
Square sebesar 0,174. Artinya, variabel dependen dapat dipengaruhi oleh
variabel independen sebesar 17,4%. Ini menunjukkan variabel independen
seperti interaktif ketertarikan, informatif, dan kualitas video konten melalui
Instagram mempengaruhi minat konsumen dalam penyewaan bus sebesar
17,4%. Sementara itu, sisanya 82,6%, dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak diteliti dalam model penelitian ini. Untuk penelitian selanjutnya,
disarankan untuk mengambil sudut pandang yang berbeda dengan
menambahkan variabel seperti analisis citra merek, dan strategi marketing
mix pada New Bintang Trans.
Collections
- Peneltian [14]