PENGEMBANGAN SISTEM E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA RAMADHAN FURNITURE BERBASIS WEBSITE
Abstract
Penjualan online atau E-commerce sendiri adalah cara efektif untuk melakukan
promosi dan penjualan melalui media internet. Ramadhan Furniture adalah
usaha yang bergerak dibidang penjualan yang menyediakan berbagai macam
furniture seperti kursi, sofa, lemari, tempat tidur,ayunan, dan lain-lain. Kendala
yang ada pada usaha ini yaitu kurangnya perkembangan dalam pemasaran
secara online sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui produk
tersebut. Tujuan penulis membuat sistem ini untuk mempermudah dan menambah
pelanggan dalam jangkauan yang luas. Dalam pembuatan laporan penelitian ini
penulis menggunakan model RAD (Rapid Application Development), tahapan
yang harus dilakukan yaitu analisis, desain dan implementasi. Menggunakan
metode SDLC (Systems Development Life Cycle) adalah metode untuk
menganalisa dan merancang sistem dengan pendekatan berorientasi objek yang
saling berinteaksi, dan setiap objek itu mewakili beberapa entitas yang ditandai
dengan adanya sebuah kelas, elemen data dan perilaku objek tersebut. Pada
penelitian ini dimana dalam metode ini terdapat class, objek, method, atribut
yang berkaitan dengan sistem informasi yang akan dibuat. Tools yang digunakan
UML (Unified Modeling Languange) yang terdiri dari beberapa diagram yaitu
Activity Diagram, Use Case, Package Diagram, Class Diagram, Sequence
Diagram, Deployment Diagram. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya
suatu sistem informasi E-commerce berbasis Website untuk memperluas
pemasaran dan meningkatkan penjulan pada Ramadhan Furniture
Pangkalpinang.