PENERAPAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI RM HJ ZAINUR
Abstract
Rumah Makan Hajah Zainur (RM HJ ZAINUR) merupakan sebuah UMKM yang
bergerak di bidang kuliner khas Bangka, mulai dari masakan berbahan sayuran, ayam,
ikan dan seafood (udang, cumi-cumi dan kepiting), dan telah beroperasi sejak 2005.
Setelah melakukan penelitian mengenai RM HJ ZAINUR, ternyata ditemukan fakta
bahwa RM HJ ZAINUR belum pernah melakukan promosi dengan desain-desain
komunikasi visual agar dapat menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan
penjualan serta penghasilan di RM HJ ZAINUR. Oleh karena itu penulis mencoba
membantu RM HJ ZAINUR dalam melalukan desain promosi mengenai topik
“PENERAPAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KEBUTUHAN PROMOSI DI RM HJ
ZAINUR” dengan beberapa metode, salah satunya dengan metode SWOT agar dapat
mengetahui permasalahan apa yang dihadapi RM HJ ZAINUR terkait media-media
promosi, beserta kesempatan yang dimilki, kemudian ancaman yang dihadapi dan
dengan pemecahan masalahnya. Setelah pemecahan masalah ditemukan dan diterapkan
di RM HJ ZAINUR, diharapkan akan memberi dampak baik untuk penjualan dan
penghasilan RM HJ ZAINUR agar meningkat seiring dengan citra baik yang terus
ditingkatkan.