ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN MASYARAKAT PADA DISKOMINFO PROVINSI KEP. BANGKA BELITUNG BERBASIS ANDROID

Date
2021Author
WIJAYA, REFANGGA
RAMADAN
AL FARABY, MUHAMMAD ZOELFAMHI
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengaduan layanan aspirasi atau pengaduan masyarakat umumnya masih
menggunakan tatap muka yang mengharuskan masyarakat datang ke instansi
terkait yaitu DISKOMINFO untuk melakukan pengaduan. Banyak sekali keluhan,
aspirasi serta keresahan masyarakat dalam menyampaikan informasi terutama
dibidang komunikasi dan informatika seperti konten bermuatan negatif, situs
porno, sms penipuan, judi online dan lain sebagainya. Konten bermuatan negatif
tersebut sangat mudah diakses di internet, dimana maraknya penggunaan
smartphone android yang bisa digunakan oleh siapa saja tidak menutup
kemungkinan konten yang bermuatan negatif tersebut dapat diakses dengan
mudah oleh anak-anak. Keresahan ini memicu masyarakat untuk menyampaikan
aspirasi atau keluhan pada DISKOMINFO selaku instansi pelayanan masyarakat
untuk mengatasi permasalah konten yang bermuatan negatif dibidang komunikasi
dan informatika. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis memiliki ide untuk
merancang aplikasi pelayanan aspirasi pengaduan masyarakat berbasis android
dengan menggunakan metodologi penelitian yang terstruktur yaitu metode
waterfall dengan model pengembangan sistem SDLC (System Development Life
Cycle).