PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENILAIAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA DWI MAKMUR BERBASIS CLIENT SERVER
Abstract
Penelitian ini menerapkan Algoritma C4.5 dalam memutuskan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diterima di Kantor Desa Dwi Makmur. Algoritma C4.5 merupakan algoritma klasifikasi dengan teknik pohon keputusan yang terkenal dan disukai karena memiliki kelebihan-kelebihan. Kelebihan ini misalnya dapat mengolah data numerik dan diskret, dapat menangani nilai atribut yang hilang, menghasilkan aturanaturan yang mudah diintrepetasikan dan tercepat. Jenis penelitian ini yaitu klasifikasi dengan konsep data mining dengan melibat kan 20 data kuisioner masyarakat di Kantor Desa Dwi Makmur yang dikategorikan dengan : murah, mahal, sesuai, tidak sesuai, cepat, lama, nyaman, tidak nyaman. Terdapat empat atribut yang mempengaruhi kepuasan masyarakat diantaranya yaitu : biaya penanganan, prosedur pelayanan, waktu penanganan dan kenyamanan .Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan. Kepuasan pelayanan pada Kantor Desa Dwi Makmur dapat diprediksi dan dievaluasi dengan memanfaatkan teknik data mining menggunakan Algoritma C4.5 untuk memprediksi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada Kantor Desa Dwi Makmur.
Collections
- SPK [21]