ANALISIS PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK USAHA MENENGAH KECIL MIKRO (UMKM) DI DESA DENDANG
Abstract
Digitalisasi ekonomi melahirkan internet untuk menawarkan banyak manfaat bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan pemasarannya dalam suatu produk. Namun kenyataannya tidak semua orang yang tertarik melakukan penjualan secara online, dengan alasan rumit dan memakan waktu bagi pelaku UMKM. Selain Itu, UMKM di wilayah pedesaan atau daerah terpencil mungkin menghadapi kendala dalam hal akses terhadap teknologi dan infrastruktur yang diperlukan. Sebelum adanya pemasaran online, UMKM sering bergantung pada metode pemasaran tradisional untuk mempromosikan produk mereka. Pengembangan pemasaran online UMKM di Desa Dendang biasanya memanfaatkan media sosial. UMKM dapat memanfaatkan berbagai platfom media sosial untuk mempromosikan produk. Oleh karena itu perlu dilakukannya Analisis Pemasaran Online dalam Meningkatkan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Dendang. Tipe penelitian ini yaitu analisis kuantitatif dengan berapa macam variabel yang terlibat. Objek penelitian yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang terdaftar dalam program Desa Dendang. Pengaruh pemasaran online dalam meningkatkan penjualan produk UMKM di Desa Dendang sangat berpengaruh dan memiliki pengaruh signifikan dimana dari hasil penelitian terhadap 50 responden didapat hasil regresi Y= 4.505 + 9.858bX. Faktor yang mempengaruhi penjualan produk UMKM di Desa Dendang adalah 3 variabel utama yaitu konten media, produk, dan branding.
Collections
- Skripsi [23]