STRATEGI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL (UMKM) PENYEDIA OLEH-OLEH KHAS BANGKA DI PANGKALPINANG STUDI KASUS DI DEKRANASDA
Abstract
Dalam era digital saat ini, UMKM di dekranasda menghadapi tantangan, tetapi
juga memiliki peluang besar untuk mengembangkan pemasaran digital dengan
menggunakan aplikasi Tiktok.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana dekranasda membantu UMKM penyedia oleh-oleh khas bangka yang
produknya berada di dekranasda pangkalpinang dengan memanfaatkan aplikasi
tiktok untuk memasarkan produk mereka, mempromosikan produk mereka,
meningkatkan pemasaran produk mereka, dan a Bagaimana dekranasda membantu
UMKM yang berada di dekranasda dalam mengembangkan pemasaran digital di
era digital saat ini.Dalam penelitian ini, survey, wawancara, observasi, dan
penyebaran kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 156 sampel, dan
populasi yang disurvei adalah 55 orang. Metode pengumpulan sampel yang
digunakan adalah sampel acak sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
secara simultan nilai Fhitung sebesar 3.996 dengan tingkat signifikan sebesar
0,004,sehingga Ho ditolak atau Ha diterima.(X) starategi digital terhadap variabel
terikat, yaitu variabel (Y) perkembangan UMKM secara bersamaan atau
sekaligus. Secara Regresi sederhana nilai konstanta a menunjukan nilai sebesar
8.187, artinya jika ada terjadi perubahan variabel independen (nilai X adalah 0)
maka nilai variabel dependen (Y) sebesar 8.187.Nilai koefisien regresi variabel
X1 sebesar .287,X2 sebesar 1.026,X3 400,X4 598,dan 320 bernilai positif artinya
variabel Strategi Digital X1 meningkat sebesar 287,X2 1.026,X3 400, X4 598,X5
320, maka peningkatan perkembangan umkm sebesar 8.187.
Collections
- Peneltian [14]