ANALISIS FAKTOR – FAKTOR ONGKOS KIRIM, KUALITAS LAYANAN, SERTA DISKON YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK DI ISB ATMA LUHUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui Ongkos Kirim,
Kualitas Layanan, Diskon berpengaruh terhadap minat beli mahasiswa
menggunakan aplikasi TikTok di ISB Atma Luhur. Dalam penelitian ini jenis
metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel
secara probability sampling dengan pendekatan simple random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para
responden penelitian, untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 52 responden yang merupakan mahasiswa aktif jurusan Bisnis Digital
Fakultas Ekonomi dan Bisnis ISB Atma Luhur Pangkalpinang. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda
dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil analisis secara deskriptif
menunjukkan bahwa Ongkos Kirim (X1), Kualitas Layanan (X2), dan Diskon (X3)
merupakan faktor – faktor yang dianggap baik oleh responden dalam
meningkatkan Minat Beli (Y). Dalam analisis regresi linear berganda
menunjukkan bahwa variabel Ongkos Kirim (X1), Kualitas Layanan (X2) dan
Diskon (X3) memiliki koefisien positif. Untuk pengujian parsial (uji t)
menunjukkan bahwa variabel Ongkos Kirim (X1) memiliki nilai yang tidak
signifikan, dan berpengaruh positif. Sedangkan untuk Kualitas Layanan (X2) dan
Diskon (X3) memiliki nilai yang signifikan, sehingga berpengaruh positif dan
signifikan. Untuk hasil pengujian secara simultan (uji f) menunjukkan bahwa
variabel Ongkos Kirim (X1), Kualitas Layanan (X2), dan Diskon (X3) berpengaruh
positif dan memiliki nilai yang signifikan, sehingga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Minat Beli (Y) mahasiswa menggunakan aplikasi TikTok di
ISB Atma Luhur.
Collections
- Peneltian [14]