SISTEM INFORMASI E-MARKETING PADA PT TUNGGAL IDAMAN ABADI (TIA) MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)
Date
2020Author
FHADELLYA, AUGIEN DESVARENDY
PUTERI, DINI AGUSTINI
ARIYANTO, OGA
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Tunggal Idaman Abdi (TIA) Pangkalpinang merupakan salah satu
industri farmasi yang bergerak di bidang kesehatan reproduksi dan kesehatan
lainnya. PT. Tunggal Idaman Abdi (TIA) Pangkalpinang ini beralamat di jalan
Manggis Bukit Lama Kelurahan Bukit Sari Kecamatan Gerunggang Kota
Pangkalpinang. Perusahaan ini merupakan sebuah usaha dimana pertama kali
didirikan di Jakarta Timur sejak tahun 1969. Perusahaan ini sudah memiliki
beberapa cabang, salah satunya adalah di Pangkalpinang. Kegiatan penjualan di
PT. Tunggal Idaman Abdi (TIA) Pangkalpinang masih menggunakan media sosial
dan bagian Marketing juga biasanya melakukan kunjungan ke bidan ataupun
apotek, sehingga banyak pelanggan yang tidak mengetahui perkembangan produk,
termasuk produk terbaru. Selain itu, proses pencatatan penjualan masih dilakukan
secara manual, sehingga sering terjadinya kesalahan pada pencatatan data
penjualan. Oleh sebab itu, penulis ingin membantu pemilik perusahaan dalam
memecahkan permasalahan tersebut agar mempermudah proses penjualan,
pendataan, serta menambah pelanggan dalam jangkauan yang lebih luas.
Metodologi yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC).
Metode penelitian menggunakan metode Rapid Application Development (RAD),
serta tools yang digunakan dalam pembuatan sistem ini menggunakan Unified
Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini adalah terbentunya suatu
sistem informasi E-Marketing untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan
penjualan pada PT. Tunggal Idaman Abdi (TIA) Pangkalpinang.