PERANCANGAN APLIKASI PENGAJUAN CUTI KARYAWAN BERBASIS ANDROID PADA PT. TELKOM WITEL BANGKA BELITUNG
Abstract
PT. Telkom Regional Witel Babel merupakan salah satu perusahaan yang
bergerak di bidang jasa dan jaringan telekomunikasi yang mengoperasikan
pelayanan pelanggan disetiap wilayah. Salah satu divisi yang ada di perusahaan
PT. Telkom Witel Babel adalah divisi Customer Service. Semakin banyaknya
perusahaan telekomunikasi yang muncul menjadi tugas Customer Service untuk
meningkatkan kualitas pelayanan Customer Service bertujuan untuk
meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga pelanggan akan tetap loyal pada PT.
Telkom Witel Babel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan Customer Service terhadap loyalitas pelanggan PT.
Telkom Witel Babel, data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari
jawaban 30 orang responden dengan menggunakan kuesioner. Hasil pengujian
instrumen menyimpulkan bahwa semua pertanyaan variabel kualitas pelayanan
Customer Service dan variabel loyalitas pelanggan valid dan reliabel sebagai alat
pengumpul data. Hasil analisis data menggunakan regresi linier sederhana
didapatkan bahwa kualitas pelayanan Customer Service berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Telkom Witel Telkom Babel.