ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS RECO GROUP PANGKALPINANG
Abstract
Manajemen hubungan pelanggan merupakan salah satu strategi dalam memberikan pelayanan yang baik dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen hubungan pelanggan yang ada di Reco Group Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu statistik deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan kuesioner (angket). Sumber data yang diperoleh menggunakan data primer yaitu kuesioner yang melibatkan 60 responden yang merupakan gabungan dari karyawan dan pelanggan Reco Group. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dari variabel Teknologi, Proses, Data dan Informasi, dan Sumber Daya Manusia berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 64,3 %. Penelitian ini diharapkan dapat untuk ditingkatkan terkait kualitas pelayanan dari staff di Reco Group.
Collections
- Skripsi [23]