PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAK KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA CALLYSTA SALON PANGKALPINANG
Abstract
Konten media sosial mempengaruhi persepsi konsumen terhadap citra merek dan keputusan konsumen menggunakan jasa Callysta Salon Pangkalping. Citra merek digunakan sebagai komponen pembaruan untuk menentukan respon konsumen pada tahap keputusan konsumen, serta memiliki peran penting dalam meningkatkan pandangan konsumen terhadap kualitas keseluruhan layanan jasa. Citra merek yang tinggi pada sebuah layanan jasa dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh konten media sosial terhadap citra merek dan dampak keputusan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari generasi Y dan generasi Z berusia antara 11 sampai 45 tahun, yang memiliki akun media sosial Instagram. Sample yang diambil berjumlah 200 orang responden. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan bantuan software SPSS Statistics 25.0 dan SEM-AMOS 26.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Konten Media Sosial (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Merek (Y), dengan nilai Std.Estimate sebesar 0,870 dan P sebesar 0,000. Konten Media Sosial (X) berpengaruh negatif dan insignifikan terhadap Keputusan Konsumen (Z) dengan nilai Std.Estimate sebesar -0,106 dan nilai P sebesar 0,580. Dan Citra merek (Y) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Konsumen (Z), dengan nilai Std.Estimate sebesar 0,518 dan nilai P sebesar 0,000. Serta Citra Merek (Y) memediasi Konten Media Sosial (X) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen (Z), dengan nilai P Value sebesar 0,0035.
Collections
- Skripsi [23]