ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA AIR MESU BERBASIS ANDROID
Abstract
Peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dicapai dengan perbaikan cepat keluhan dari
penyedia layanan (dalam hal ini otoritas) Tingkat pusat dan tingkat daerah. segala bentuk
kritik atau keluhan yang disampaikan oleh Community to Agency adalah perbaikan untuk
meningkatkan layanan ini. Kantor Desa Air Mesu mengalami kendala dalam memberikan
pelayanan pengaduan masyarakat seperti : Kurangnya pelayanan yang dibutuhkan
masyarakat. Orang yang ingin mengadu seringkali menghadapi kesulitan karena tidak
tahu kemana harus mengadu. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah dikembangkan
aplikasi layanan pengaduan bass untuk Android. Oleh karena itu, pemerintah memerlukan
strategi pengelolaan keluhan yang memudahkan warga untuk melaporkan keluhan.
Aplikasi Android ini dapat digunakan oleh pengguna umum untuk menyediakan layanan
pengaduan online. Aplikasi tersebut juga memudahkan pihak berwenang untuk
mengajukan pengaduan sebagai tanggapan atas pengaduan masyarakat.